Ukiran Toraja Sebagai Alat Peraga Untuk Memperkenalkan Bangun Datar

La'biran, Roni Ukiran Toraja Sebagai Alat Peraga Untuk Memperkenalkan Bangun Datar. Ukiran Toraja Sebagai Alat Peraga Untuk Memperkenalkan Bangun Datar, 8 (2). pp. 33-37. ISSN 2302-8378

[thumbnail of Ukiran Toraja Sebagai Alat Peraga Untuk Memperkenalkan Bangun Datar.pdf] Text
Ukiran Toraja Sebagai Alat Peraga Untuk Memperkenalkan Bangun Datar.pdf

Download (143kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran
dengan menggunakan alat peraga ukiran toraja dan untuk mengetahui hasil belajar
siswa dalam mengenal bangun-bangun datar dengan menggunakan gambar ukiran-ukiran
toraja.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperiman, dengna menggunakan 1 kelas
penelitian.Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian yakni:
lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Sampel peneletian adalah
siswa SDN 9 Buntupepasan, kelas IV dengan jumlah siswa 25. Untuk melihat aktivitas
siswa menggunakan 5 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa berada
pada kategori aktif. Siswa sangat antusias dalam menggunakan alat peraga ukiran
Toraja. Adapun aspek-aspek yang diamati dalam aktivitas siswa adalah siswa merespon
apersepsi/motivasi yang diberikan oleh guru, Siswa mendengar saat tujuan pembelajaran
disampaikan, siswa memusatkan perhatian pad materi pembelajaran yang dipelajari, Siswa
antusias ketika diperkenalkan dan dijelaskan oleh guru tentang bangun datar dengan
menggunakan alat peraga ukiran toraja, siswa melakukan pekerjaan mengindenti�kasikan
bangun-bangun datar pada ukiran toraja, Siswa mengerjakan dengan tertib soal latihan,
Siswa menjawab soal dipapan tulis, Siswa memberikan tanggapan saat guru mengecek
pemahaman, Siswa mengerjakan dengan tertib saat dilaksanakan tes evaluasi tertulis
perorangan oleh guru, Siswa merespon kesimpulan materi pembelajaran yang disampaikan
guru. Berdasarkan hasil penelitian mengenai aktivitas siswa, siswa lebih antusias
saat mengindenti�kasi bangun-bangun datar. Berdasarkan hasil observasi siswa lebih
bersemangat saat menggunakan alat peraga dengan ukiran toraja. Hasil penelitian
juga menunjukkan bawah hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan
hasil penelitian terjadi peningkatan dari pre-test ke post-test yakni dari 48,52 menjadai 83,6.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ukiran toraja, alat peraga, bangun datar
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with username 0915068001
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:13
Last Modified: 02 Aug 2022 06:13
URI: http://repository.ukitoraja.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item
View Item