La'biran, Roni (2019) REVOLUSI MENTAL MELALUI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANA TORAJA. REVOLUSI MENTAL MELALUI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN TANA TORAJA. pp. 1491-1495. ISSN 2654-8534
REVOLUSI MENTAL MELALUI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA.pdf
Download (41kB)
Abstract
Revolusi mental sebagai program pemerintah bertujuan memperbaiki dan membangun karakter
bangsa dengan mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun
budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur dan sejahtera berdasarkan
Pancasila. Revolusi mental melalui nilai-nilai kearifan lokal dapat dilakukan dalam dunia pendidikan
melalui pembelajaran sastra untuk sekolah dasar. Oleh karena itu, perlu didesain model
pembelajaran sastra daerah yang menarik perhatian siswa, sehingga nilai-nilai kearifan lokal
yang terdapat dalam sastra daerah dapat merevolusi mental masyarakat Indonesia, bahkan
sejak duduk di sekolah dasar. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe
model pembelajaran sastra daerah sebagai wadah revolusi mental melalui nilai-nilai kearifan
lokal pada siswa sekolah dasar di Tana Toraja. Tujuan khusus adalah (1) menghasilkan prototipe
kebutuhan belajar unruk meningkatkan minat siswa sekolah dasar dalam belajar sastra daerah
dan (2) menghasilkan desain model pembelajaran sastra daerah sebagai wadah revolusi
mental melalui nilai-nilai kearifan lokal pada siswa sekolah dasar di Tana Toraja. Penelitian ini
akan menggunakan metode R and D yaitu ADDIE approach (Analyze–Desain-Develop-
Implement-Evaluate).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Revolusi Mental; Kearifan Lokal; Revolusi Mental; Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with username 0915068001 |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 06:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 06:13 |
URI: | http://repository.ukitoraja.ac.id/id/eprint/284 |