Rangan, Parea and Matana, H Perbandingan Perencanaan Jembatan To’kanna Nanggala Menggunakan Box Culvert Dan Gelagar Profil Baja. Dynamic Saint, VI (1). pp. 1-7. ISSN 2355-4169
Full text not available from this repository.Abstract
Jembatan sebagai salah satu prasarana transportasibagi pergerakan lalu lintas yang sangat strategis.Jembatan adalah suatu konstruksi yang dibangun sebagai jalur transportasi yang digunakan sebagai penghubung karena adanya rintangan sepertisungai, danau, rawa, maupun rintangan lainnya. Jika jembatan berada diatas jalan lalu lintasbiasa maka dinamakan Viaduct.Metode perencanaan yang digunakan dalam Perbandingan Perencanaan Jembatan To’kanna Dengan Menggunakan Box Culvert dan Gelagar Profil Baja adalah sebagai berikut : Metode pembebanan untuk perencanaan jembatan box curvert, Metode luas dan kecepatan untuk menghitung debit aliran sungai, Metode gumbel untuk perhitungan curah hujan maksimun, Metoderasional menghitung debit banjir rencana dan Metode LRFD (Load And Resistance Factor Design) adalah suatu metode dalam perencanaan jembatan yang memperhitungkan faktor beban dan faktor ketahanan material.Dari hasil analisa, dapat disimpulkan perencanaan perbandingan antara box culvert dengan struktur gelagar profil baja adalah untuk box culvert didapatkan nilai hasil pembebanan Tulangan Arah X Rn < Rmax (6,859 < 6,929) dan Tulangan Arah Y Rn < Rmax (6,859<6,929) dikatakan aman karena telah memenuhi syarat sedangkan Perbandingan perencanaan defleksi dari hasil analisa gelagar profil baja didapatkan nilai hasil balok anak = 20.367 mm ≤27,778 mm dan nilai hasil balok induk = 5.574 mm ≤ 27,778 dikatakan aman karena telah memenuhi syarat lendutan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dr. Ir. Parea Rusan Rangan |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 10:20 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 10:20 |
URI: | http://repository.ukitoraja.ac.id/id/eprint/401 |